Dukung Kesehatan Anak Lewat Program Air Bersih di Sekolah

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 22:30 WIB
Dukung Kesehatan Anak Lewat Program Air Bersih di Sekolah
Dukung Kesehatan Anak Lewat Program Air Bersih di Sekolah
A A A
JAKARTA - Cargill bersama CARE International berhasil menyelesaikan pembangunan dan perbaikan fasilitas sanitasi dan air bersih di 20 sekolah dasar di Banten dan Makassar. Program ini merupakan bagian dari komitmen selama 2 tahun melalui program Promoting a Sustainable and Food Secure World (PROSPER).

Corporate Affairs Director Cargill Indonesia Arief Susanto mengatakan tujuan utama program ini di Indonesia adalah untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak usia sekolah dasar melalui pendidikan gizi dan penyediaan akses air bersih serta sanitasi untuk mengurangi penyakit terutama yang dipicu oleh kurangnya sarana sanitasi dan kondisi air yang tercemar.

Sebagai tambahan, kondisi air dan sanitasi yang buruk menjadi penyebab tingginya angka stunting terhadap anak di Indonesia. "Kami berkomitmen untuk mendukung komunitas disekitar kami bertumbuh. Kerja sama dengan CARE menyatukan kami dengan komunitas maupun masyarakat yang membutuhkan, memberikan kami kesempatan mewujudkan tujuan kami untuk men-sejahterakan dunia," ucap Arief di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Dia menuturkan akses terhadap sanitasi dan air bersih serta peningkatan gizi anak sekolah akan mendorong kesehatan anak dan semangat belajarnya. "Kami juga bekerja sama dengan Pemerintah daerah, LSM, orang tua murid, guru dan komunitas untuk memastikan kesuksesan jangka panjang dari program ini, meningkatkan gizi dan akses hingga tahun-tahun ke depan," papar Arief.

Selain pembangunan fasilitas sanitasi dan air bersih yang menyediakan akses terhadap sanitasi dan air bersih bagi siswa dan guru, juga dilakukan peningkatan kapasitas bagi pegawai pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, guru, orang tua dan komunitas agar mereka mampu mempromosikan perilaku sehat dan bersih serta peningkatan gizi makanan.

Program ini juga memberikan pelatihan bagi 400 dokter kecil untuk pengetahuan sanitasi, kesehatan dan peningkatan gizi, sehingga mereka dapat memberikan pengetahuan itu bagi teman-temannya. "Sebanyak 50 orang master trainers bidang nutrisi juga telah dilatih untuk nantinya melatih guru, siswa, penyedia jasa makanan di sekolah serta komunitas mengenai gizi," kata Arief.

Country Director CARE International Indonesia, Helen Vanwel menyatakan Cargill dan CARE merupakan mitra kerja yang saling mendukung dan bekerja sama dalam mempromosikan Program Promoting a Sustainable and Food Secure World (PROSPER), untuk meningkatkan layanan terhadap air, sanitasi dan kebersihan ke sekolah di Banten dan Kota Makassar.

"CARE menghargai dukungan yang diberikan untuk anak-anak sekolah di Indonesia karena ini menunjukkan pandangan dan komitmen kami untuk turut mendukung kesehatan anak Indonesia," papar Helen.

Menurut Arief, program kerja sama Cargill dan CARE selanjutnya akan berfokus pada peningkatan produktivitas dan kehidupan petani, peningkatan akses pasar bagi petani, peningkatan keamanan pangan dan gizi serta memperkuat tata kelola dan pendidikan masyarakat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0141 seconds (0.1#10.140)